Penyebab dan cara mengatasi NTLDR IS MISSING press ctrl+alt+del to restart Windows


Pernahkah salah satu di antara kita yang pernah mengalami NTLDR IS MISSING press ctrl+alt+del to restart pada windows? Saya sendiri pernah, untuk itu saya akan mencoba berbagi pengalaman..hehe NTLDR IS MISSING press ctrl+alt+del to restart biasanya terjadi karena beberapa beberapa faktor, di antaranya:
  • Tau LDR itu apa? faktor utama karena yang punya komputer KESEPIAN alias menjalin cinta jarak jauh..hehe (becanda ya gan) cara mengatasinya yaitu nikah gan.hiks hiks
  • Kabel ide atau sata rusak atau colokan kurang nancap (bahasa gaulnya kendor) intinya kabel mengalami masalah solusinya ganti kabel, untuk jaga-jaga jagan beli, pinjam kabel punya teman/ tetangga dulu siapa tau faktor lain.
  • File NTLDR dan ntdetect.com error sehingga windows tidak terbaca - Solusinya dengan mengganti file tersebut caranya dengan repair menggunakan CD instalan Windows. cara repair silahkan cari di google.
  • Komputer booting tidak menggunakan bootable disk - Saat booting windows mengakses device yang berisi bootable disk. seperti harddisk yang berisi system operasi windows, cd bootable atau removable disk yang bootable. Karena yang diakses bukan bootable disk, maka bisa berakibat windows tidak bisa booting ditandai dengan pesan seperti diatas.
  • terdapat masalah pada kabel keyboard - untuk keyboard usb silahkan coba pindah colokan.
  • Pengaturan boot device di BIOS/CMOS tidak mengarah pada harddisk,atur ulang pengaturan booting BIOS / CMOS computer dengan setting firstboot device pada harddisk yang terdapat system operasi windowsnya.
Bagaimana saya menyelesaikan masalah diatas? Saya menggunakan solusi yang terakhir dan akhirnya jadi. Sekedar catatan, dalam menyelesaik masalah di atas, ambil solusi dari yang termudah dan tidak repot. Sekedar pengalaman yang saya lakukan pertama kali adalah melepas dan memasang kembali kabel ide/sata lalu mencoba menukarnya, melepas dan memasang kabel power. Sampai akhirnya saya mencoba untuk merepair, setelah memasukkan Flashdisk berisi instalan Windows 7, otomatis kita akan pergi ke bios untuk merubah booting. saat akan merubah booting ternyata first boot bukan hardisk system, entah kenapa mungkin efek hardisk tidak terdeteksi lalu otomatis first boot berganti sendiri dan saya coba untuk mengganti hardisk system ke first boot, save dan restart. Ternyata kompi kembali normal. Semoga bermanfaat..

0 komentar:

Post a Comment

Komentar anda sangat bermanfaat untuk kemajuan blog ini.. terimakasih.