Tutorial, Tips and Trik Picasa 3

Salam hangat sobat blogger, kalai ini saya mau share tentang aplikasi picasa. Dimana yang saya bahas adalah picasa 3. Yuk lagsung aja.
Buat yg mau membuat foto – foto menjadi video, caranya sbb:
Buka picasa sobat

-Klik “buat presentasi film”
-Silahkan sobat atur  sendiri (lihat gambar dibwah untuk lebih jelasnya)
-jika sudah, klik buat film.
-Biasanya video yg sudah jadi tersimpan di my document>my pictures>picasa>film.
Dan lihat hasilnya. Semoga berhasil.








Yang berikutnya adalah cara mengedit foto, yuk simak bareng:
-Yang pertama dan utama so pasti buka picasa dulu, jangan buka yang aneh-aneh..hahaha
-Kedua, pilih folder dimana kamu meletakkan foto yang mau di edit. Contohnya:

-klik 2x foto yang akan kamu edit.. setelah itu perhatikan gambar di bawah ini:

-Setelah foto selesai di edit sesuai selera tinggal save aja.. Mudah bukan?



Biar lebih lengkap lagi, saya sertakan tips & trik picasa 3..

1. View All Potret

Ini adalah fitur yang sangat menarik dalam Picasa. Anda dapat melihat semua foto yang di semua album dengan wajah. Di sebelah kiri bar pencarian, di bagian atas, klik pada ikon wajah. Klik pada ikon lagi untuk keluar dari mode ini, atau klik pada 'kembali untuk melihat semua'. Ini adalah penyaring, penyaring lain untuk foto-foto yang tersedia adalah semua gambar yang dibintangi.


2. Upload Sebuah slide Untuk YouTube

Pilih 'Movie' tombol di bar bagian bawah Picasa. Slide pertama akan menjadi teks slide untuk memperkenalkan slideshow. Menyusun foto-foto, tambahkan keterangan gambar, pilih musik, pilih transisi, dan melihat dulu tayangan slide beberapa kali. Setelah anda selesai, klik pada simpan film, dan kemudian gunakan tombol upload di YouTube antarmuka untuk menempatkan film di YouTube. Tak perlu dikatakan, Anda harus memiliki account Google dan koneksi internet untuk fitur ini untuk bekerja.


3. Sync Picasa3 Software Dan Web Album
Di pojok kanan atas, di atas album atau folder adalah tombol sync. Menggunakan fitur ini secara otomatis menyimpan semua perubahan yang telah Anda buat ke copy album versi album Picasa. Ini bekerja untuk perubahan ke file tersebut, tag, dan foto ditambahkan atau dihapus ke album. Ini tidak bekerja untuk memesan ulang foto-foto di dalam album dan perubahan yang dibuat untuk nama file.


4. Touch Up Photos

Ini digunakan untuk menghilangkan bintik-bintik dari permukaan lensa, artefak disebabkan karena partikel debu atau tetesan air, dan goresan dan debu dari foto-foto lama.
Double-klik pada gambar setelah ditambahkan ke album. Di bawah 'Dasar perbaikan' tag, pilih 'Retouch'. Gunakan 'ukuran Brush' slider untuk memilih ukuran kuas. Idealnya, Anda harus memilih ukuran kuas sedikit lebih besar daripada ukuran artefak Anda mencoba untuk menghapus. Klik sekali pada noda, dan klik ke tempat yang sama di tempat lain dalam gambar. Kuas yang lebih kecil ukurannya, semakin terlihat yang akan menambal. Melayang di atas berbagai bagian dari gambar, anda akan melihat noda mendapatkan ditutup-tutupi. Anda dapat membatalkan patch yang buruk dalam jendela itu sendiri. Setelah anda selesai memperbaiki semuanya, klik pada berlaku.
Jika Anda ingin membatalkan perubahan, Anda tidak bisa secara otomatis melakukannya.


5. Screencapture Album

Selama Picasa sedang berjalan, mengambil screenshot dari layar dengan menggunakan [Print Screen] tombol akan menyimpan gambar dan menambahkannya ke Picasa.


6. Meningkatkan Semua Foto Anda

Fitur ini bekerja untuk berbagai tingkat efektivitas untuk berbagai foto, tetapi adalah salah satu dari tombol-tombol yang tampak seperti sulap. Jika Anda mempercayai Google lebih dari keterampilan fotografi Anda, pilih album pergi ke Picture> Batch Edit> Saya merasa beruntung. Tidak ada penjelasan persis apa hal ini ke foto Anda, tetapi beberapa foto ditingkatkan, ada yang mengerikan rusak. Salin semua file ke folder lain sebelum Anda mencoba meskipun ini, sebelum terjadi sesuatu yang mengerikan yang salah.


7. Kolase

Tampilan kolase dalam Picasa adalah sedikit fitur menarik untuk memberikan preview untuk album web Anda. Di atas folder atau album, di samping tombol putar slide, adalah Kolase Membuat tombol. Klik tombol ini, dan Anda akan dibawa ke jendela kolase. Kolase default pilihan adalah gambar tumpukan, dengan tiga pengaturan perbatasan, tidak ada perbatasan, perbatasan putih, dan kamera instan perbatasan. Jika gambar Anda captioned, dengan keterangan gambar akan muncul di samping foto dalam kolase. Ada lima pilihan yang tersedia lainnya kolase, mosaik, mosaik frame, grid, hubungi lembar dan multiple eksposur. Menyusun mosaik gambar dalam ukuran blok acak. Bingkai mosaik menampilkan satu gambar di tengah, dan frame dengan foto lain. Grid dan lembar kontak memiliki ukuran sel yang sama gambar, dan pemaparan beberapa mosaik adalah pilihan yang aneh untuk menempatkan di semua gambar dalam album di atas satu sama lain. Jangan gunakan opsi ini bahkan oleh kesalahan dalam album atau folder dengan banyak foto kecuali jika Anda ingin crash komputer Anda.


8. Search Untuk Foto Dengan Warna

Ini adalah sebuah fitur eksperimental dalam Picasa 3, yang memungkinkan Anda mencari semua foto dengan skema warna. Google mencari Red, Orange, Kuning, Hijau, Biru, Ungu dan foto BW. Kami berharap mereka akan termasuk pemetik warna untuk fitur ini. Pergi ke Tools> Experimental, dan mencari dan klik warna. Cari jeruk kembali semuanya dari merah ke kuning. Hijau dan biru pencarian yang paling akurat. Hitam dan putih kembali pencarian semua warna pucat dan abu-abu, bukan foto yang secara ketat hitam dan putih.


9. Sesuaikan  Bottom Toolbar

Picasa 3 memungkinkan Anda untuk menghapus fitur-fitur yang jarang digunakan dari toolbar bagian bawah. Pergi ke Tools> Configure tombol, kemudian menghapus, menambah atau memesan ulang tombol sesuai dengan persyaratan Anda dan menyimpan pengaturan.


10. Bisa Membetulkan File Ganda/Duplikat

Untuk menghilangkan duplikasi file, pergi ke Tools> Experimental> Tampilkan duplikat file. Kemudian pilih salah satu salinan file dan tekan tombol hapus.


11. Salin melindungi foto Anda

Untuk menambahkan watermark secara otomatis ke semua foto yang Anda upload ke Picasa, pergi ke Tools> Options, lalu pilih 'Web album' tab. Periksa 'Tambahkan watermark untuk semua upload foto' kotak centang dan mengedit teks di lapangan. Upload foto ke Picasa akan memiliki tanda air, tapi foto pada disk anda akan tersentuh.


12. Menambahkan Sebuah Watermark Untuk Semua Foto

Untuk menambahkan watermark secara otomatis ke semua foto yang Anda upload ke Picasa, pergi ke Tools> Options, lalu pilih 'Web album' tab. Periksa 'Tambahkan watermark untuk semua upload foto' kotak centang dan mengedit teks di lapangan. Upload foto ke Picasa akan memiliki tanda air, tapi foto pada disk anda akan tersentuh.



Maaf sobat blogger jika bahasanya berbau bantuan google translate..haha
Semoga bermanfaat..

12 komentar:

  1. kalau sudah bikin film cara ngesave di komputer gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau foto/gambar sudah selesai di masukkan tinggal klik "Buat Film" tunggu sampai proses selesai nanti akan otomatis ter save pada folder film letaknya di my document>my pictures>picasa>film.

      Delete
  2. gan ane mau nanaya ko di bagian edit ga kluar ikon editannya yah ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika agan sekedar edit foto, klik 2x pada fofo yang mau di edit nanti icon seperti gambar paling bawah akan otomatis muncul. Kalau masih tidak mucul juga coba agan klik menu "Lihat" selanjutnya klik "Tampilkan Kontrol Edit" untuk menampilkan/hide icon tersebut.

      Delete
  3. cara simpannya gimana ya? ko gak bisa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk video: setelah selesai memilih foto yang mau di jadikan video maka tinggal klik "Buat Film" tunggu sampai proses selesai nanti akan otomatis ter save pada folder film letaknya di my document>my pictures>picasa>film.
      Untuk cara simpan foto: Setelah foto selesai di edit tinggal agan save aja dengan cara pencet tombol ctrl+s atau klik kanan pada foto lalu pilih "simpan". Silahkan cek hasilnya di folder dimana agan menyimpan foto asli.

      Delete
  4. makasih atas tips nya sangat membantu banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama sis, mkasih juga sudah berkunjung.

      Delete
  5. Kalau sudah jadi videonya tapi hasilnya kurang memuaskan, bisakah videonya di edit.

    ReplyDelete
  6. Videbisa diedit pakai aplikasi lain gan. Kalu saya edit video pakai AVS video editor. Ringan juga fitunya lengkap

    ReplyDelete

Komentar anda sangat bermanfaat untuk kemajuan blog ini.. terimakasih.