Cara ampuh mengobati sakit gigi berlubang (Cap Kakak Tua)

Apa kabar sobat blogger? Lama sekali saya tidak pernah buka blog, kenapa? Kok bisa? Jawaban sederhana, disamping sibuk juga saat malam saya sering sakit gigi..hmm Gak kebayang sakitnya minta ampun di tambah kalau ada orang tanya "sakit apa?" di jawab sakit gigi, mereka rata-rata cuma bilang "oohh". Sebel gak di gituin? udah sakit luar biasa, ada orang tanya jawabnya cuma seperti itu. Minimal bawa buah atau apa gitu..hehehe (ngarep). Disini saya cuma share pengalaman pribadi aja. Saat sakit gigi apalagi malam hari warung obat tutup apalagi apotik, repot kan? Maklum tempat saya kota kecil di pegunungan. Mentoknya cari di google dengan kata kunci "obat alami sakit gigi", ketemu juga banyak banget sampai bingung mau buka link yang mana, e udah di buka isi artikel sama semua, tambah jengkel kan? Berdasarkan artikel yang saya baca ketemu juga obat alami sakit gigi sebagai berikut:

1. Daun Inggu Kering
Bahan: 2 - 4 gram daun inggu kering dan 2 cangkir (ukuran sedang) air bersih.
Cara pengobatan: Rebus daun inggu kering ke dalam panci yang terisi 2 gelas air sampai mendidih. Saring air dari daunnya, kemudian tunggu hangat dan gunakan ramuan untuk berkumur beberapa kali. saya gak tau daun inggu itu apa, lewatin aja, lagian malam2 mau tanya siapa coba?hehe

2. Minyak Batok Kelapa
Bahan: Batok kelapa yang telah terbagi dua dan kapas secukupnya.
Cara pengobatan: Ambil satu bagian batok kelapa, kemudian bakar sampai keluar minyaknya. Ambil minyak batok kelapa menggunakan kapas, lalu tempelkan pada gigi yang sakit. Sehabis itu Anda akan kaget karena reaksi dari obat ini cukup cepat, rasa sakit pada gigi akan hilang hanya dalam beberapa menit. Nah ini biasanya ada bekas kelapa saat masak, kebetulan waktu itu dirumah gak ada (sial bgt)

3. Daun Sirih dan Cengkeh
Bahan: Daun sirih dan cengkeh secukupnya.
Cara pengobatan: Rebus kedua bahan, kemudian gunakan untuk berkumur beberapa kali. Jika Anda merasa belum mampu membuat ramuan ini, obat kumur dari campuran cengkeh dan daun sirih ini bisa Anda beli di pasar. Tu gan org sakit gigi suruh keliling pasar dulu..hahaha Daun cengkeh? tempat ane kagak ada, sirih ada tempat tetangga, tapi waktu sudah malam tar dikira mau nyuri(aslinya takut gan),disamping itu rasa sirih gk enak banget.Tapi dari pada sakit saya petik aja sambil dag dig dug, metik 5  daun lalu rebus dan kumur, Apa yang terjadi? Tidak ngefek, mgkin kurang cengkihnya kali.



4. Bawang Putih
Bahan: Bawang putih (1 butir).
Cara pengobatan: Kupas kulit luar bawang putih, setelah itu tumbuk hingga halus. Tempelkan tumbukan bawang putih pada bagian gigi luar yang sakit.
Cara pengobatan 2: Cuci bawang putih dengan air hangat. Kunyah bawang putih mentah selama beberapa menit, kemudian buang dan bakteri penyebab sakit gigi akan mati. Yang ini juga saya coba tapi gigi tetap sakit.

5. Minyak Cengkeh
Bahan: Minyak cengkeh secukupnya.
Cara pengobatan: Gunakan minyak cengkeh dengan cara meneteskannya pada gigi yang sakit menggunakan kapas atau cotton bud (ditempel-tempel). Setelah rasa sakit hilang (kira-kira 30 menit), barulah berkumur dengan air hangat. Haduh ribet nyarinya.

6. Bunga Matahari
Bahan: Bunga matahari (50 gram), jahe (5 gram), dan air jernih (600 cc).
Cara pengobatan: Jahe dan bunga matahari direbus dalam 600 cc air sampai mendidih dan air tersisa 300 cc. Saring air rebusan dan minum obat herbal sakit gigi ini selagi hangat. Nah kalau ini mah tempat saya banyak cuma di warung jajanan anak-anak, di bungkus kwaci.hahaha (lewat lagi)

7. Getah bunga kamboja
Ambil bunga kamboja lalu getahnya di tempelkan pada gigi yang berlubang. Ekstrim kan? Coba kalau sakit malam-malam, mesti ke kuburan dulu. 

8. Biji Jarak Cina
Bahan: 1 butir biji jarak cina dan 1 gelas air panas.
Cara pengobatan: Giling atau tumbuk biji jarak cina sampai benar-benar halus, seduh dalam satu gelas air panas dan aduk. Saring airnya, tunggu dingin, terakhir gunakan air untuk berkumur. Yang ini jelas saya lewatin, kagak tau.

9. Daun Cengkeh
Bahan: Daun cengkeh secukupnya.
Cara pengobatan: Cuci daun cengkeh, seduh dalam seelas air panas, kemudian lumatkan daun cengkeh. Gunakan kain untuk memeras daun cengkeh yang halus, kemudian tempelkan kapas pada air hasil perasan. Tempel dan gosok kapas pada gigi yang sakit (berlubang). Ini lewat juga, belum pernah coba, susah cari bahannya.

10. Teh Hangat (Tanpa Gula)
Bahan: Satu gelas teh hangat tanpa gula.
Cara pengobatan: Gunakan air teh untuk berkumur beberapa kali, kemudian biarkan 15 menit. Setelahnya letakkan kantung teh bekas pada gusi untuk meringankan peradangan. Jelas cara yang paling gampang, ane udah coba teh hampir 1 gelas airnya cuma sedikit, tapi tetap aja masih sakit.

11. Cabe Rawit.
Bahan: Cabe rawit hijau atau merah secukupnya.
Cara pengobatan: Tumbuk cabai rawit, kemudian seduh dalam air panas. Kenai kapas dengan air seduhan cabai rawit, kemudian tempel pada gigi yang sakit. Bisa juga untuk berkumur. Maaf gan/sis, saya anti hal yang berbau pedas, simpulkan sendiri ya jawabannya.hehe

12. Getah Jarak
Bahan: Getah tanaman jarak secukupnya.
Cara pengobatan: Teteskan sedikit demi sedikit getah jarak pada gigi yang berlubang, atau bisa juga gunakan kapas untuk diselipkan pada gigi yang berlubang. Susah gan carinya (di tempat saya lho).

13. Akar Meniran
Bahan: Akar meniran (5 gram).
Cara pengobatan: Bersihkan akar meniran, kemudian kunyah menggunakan gigi yang sakit. Setelah itu berkumur dengan air biasa, dan istirahatlah. hmm sumpah gak tau akar meniran sepeti apa. Ada yang tau? sini bisikin..hehe

14. Akar Kangkung
Bahan: Segenggam akar kangkung dan 1/2 sdt cuka.
Cara pengobatan: Aliri (bersihkan) akar kangkung, kemudian rebus dalam segelas air dan tambahkan 1/2 sdt cuka. Air rebusan yang sudah agak dingin digunakan untuk berkumur. Makanan favorit saya masuk,aseekk. Sayuran ini mudah di cari saking mudahnya kadang tinggal ambil di kulkas, berhubung kulkas saya dua pintu model lama maka tidak bisa menyimpan sayuran. Penasaran kulkasnya? Liat gambar di bawah ini gan.


15. Serai
Bahan: Sereh atau sirih (40 gram), air matang (2 gelas).
Cara pengobatan: Rebus semua sereh dalam 2 gelas air sampai mendidih dan air berkurang satu gelas. Gunakan obat ini untuk berkumur setiap hari sampai sakit gigi hilang. hmm Serai enak kalau buat bumbu dapur atau buat campuran minuman asem squash. Dari pada di rebus kelamaan saya coba langsung kunyah aja itu serai, sambil ngunyah sambil berdoa dan hasilnya lumayan berkurang tapi gigi masih sakit. minimal gak nangis lagi, cengeng ya? habis sakitnya itu lho.

6. Obat Ampuh sakit Gigi Cap Kakak Tua dan cara pakai
Banyak banget ya gan saya nulisnya? Saking senangnya sudah jarang sakit gigi.hehe Nah dari beberapa obat yang saya coba di atas, berdasarkan pengalaman pribadi hanya beberapa obat yang terasa berkhasiat tapi tidak bisa menyembuhkan dengan total, minimal berkurang. Singkat cerita jam 4 saya bangun gara-gara gigi kambuh lagi, langsung tancap modem lari ke mbah google cari sana sini akhirnya ketemu obat yang belum pernah saya coba dan baru mendengarnya. Obat apa itu? Judulnya obat sakit gigi cap KAKAK TUA, saya baca katanya manjur. Saking penasaran dan kepingin cepat sembuh, pagi hari saya meluncur apotik, harganya sekitar 12 ribu rupiah (di daerah saya). Sampai rumah saya baca aturan pakai dengan meneteskan obat tersebut ke kapas lalau kapas masukin ke gigi yang berlubang, hasilnya??? Saya bersyukur 5 menit kemudian gigi saya sembuh. Saat kambuh saya kasih obat itu lagi dan sembuh lagi. Memang obat yang mujarab atau faktor cocok? Atau faktor keberuntungan? Entahlah yang jelas gigi saya sembuh.haha

Maaf saya tidak promosi tapi hanya berbagi pengalaman pribadi aja, berikut penampakan obatnya:
Di dalam bungkus terdapat obat, kapas dan penjepit untuk meletakkan kapas ke gigi berlubang. Yang penasaran silahkan beli aja, mungkin bisa beruntung seperi saya.hehe Sebagai catatan, obat ini kalau mengenai lidah kadang terasa panas dan sedikit pait/getir. Berdasarkan beberapa sumber yang saya baca, obat ini bisa merontokkan gigi. Mungkin tu kalau pemakaian jangka panjang, nggak bakalan sekali pakai gigi langsung rontok.hoho


Berikut tips bagi yang sering sakit gigi berdasarkan pengalaman:



  1. Jaga kondisi badan dari suhu dingin, apalagi hujan. Mending berteduh aja.
  2. Hindari makan manis yang berlebih seperti coklat, permen dll.
  3. So pasti rajin2 sikat gigi, kalau saya selalu pakai pasta gigi yang khusus gigi sensitif. Setelah itu kumur pakai Lister*n (sensor). Alhamdulillah skg jarang sakit gigi.
  4. Jangan makan durian kebanyakan, pengalaman saya saat makan durian terlalu banyak beberapa jam kemudian gigi berlubang saya langsung snut-snut. Tapi bisa di cegah sehabis makan durian langsung sikat gigi.
  5. Sediakan obat sakit gigi dan obat pereda nyeri walaupun saat anda sehat, buat jaga-jaga aja. Kalau saya sedianya amoxilin 500mg dan asanefenamat (bunyinya gitu) 500mg.
  6. Sehabis makan walaupun sudah sikat gigi tapi masih ada makan yang tersisa di gigi berlubang, jangan pakai tusuk gigi atau benda tajam dan keras, pakai cotton bath. Untuk gigi yang lubangnya masih kecil bisa pakai ujung lidi yang lentur.
Demikian sedikit coretan dari saya, semoga bermanfaat. Dan yang pasti Jangan sampai sakit gigi,hehehe Salam sehat.



UPDATE: Dari salah satu pembaca yang memberi komentar yaitu nick "JUN" yg mengatakan bahwa Pasta Gigi Merk NASA  juga manjur mengobati sakit gigi caranya dengan memasukkan sedikit ke gigi yg berlubang. Saya ucapkan terimakasih pada kang Jun atas masukan dan sekaligus sdh berbagi pengalaman. Sekalian saya tambahkan info harga sekitar 18-20 ribu rupiah. Dan berikut penampakan pasta gigi nasa

73 komentar:

  1. Makasihhh gan bermanfaat bngt. Saya lg ngilu bngt ini jungkir balik ngerasain gigi ngilu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Segera di obati aja sis, semoga cepat sembuh ya.. Kalu mau beli obat di apotik beli aja asanefenamat sama amoxilin 500mg untuk meredakan ngilu. sehari 3x.

      Delete
    2. Nice info..
      sebenernya minum asam mefanat aja, amoxcilin/antibiotik gk perlu.. nyeri akan reda, biasakan ttp mkn yg lunak selama nyeri.. lalu minum asam mefanat 3x sehari.. smp benar2 reda/hilang sakit nya.. lalu periksa kedokter gigi.. ok

      Delete
  2. cap kaka tua paling mujarab...coba aja, biarin gigi rontok! yg rontok jugs gigi yg bolong gigi ga ke pake si ancurin aje :-D hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah agan semangat banget, iya gan dari pada sakit gigi keterusan.

      Delete
  3. Kalo giginya ga bolong gimana ka??
    Aku minum ponst*an hanya meredam sakit untuk beberapa jam ,setelah itu sakitnya balik lagi .
    Terimakasih ya ka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau gigi tidak berlubang coba minum asam mefenamat sama amoxilin 3x sehari, usahakan pasta giginya memakai khusus gigi sensitive.

      Delete
  4. pake cap kakak tua ampuh banget walau rasanya pedassss luar biasa

    ReplyDelete
  5. sakit gigi sakitnya minta ampun

    ReplyDelete
    Replies
    1. luar binasa gan, sesakit apapun gak ada tuh tetangga atau teman yg nengokin terus bawa oleh2.hhh

      Delete
  6. Kalau lagi hamil gimana, boleh g pkek kakak tua

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mnurut saya tidak masalah asal jangan sampai tertelan. Pemakaian juga jangan terlalu banyak, cukup di ujung kapas. Lebih amannya lagi konsultasi dengan dokter saja sis.

      Delete
    2. Just info dg tolong saya sakit gigi berlubang sudah pakai ponstan, mefenamic acid sama cataflam tetep ga ngurangin rasa sakit malah semakin parah perih yaa...
      Saya coba pake cap kaka tua juga ga efek malah berasa kaya anak kecil suka ngeces

      Delete
  7. Nih aq jg pake cap burung kka tua,,pdesny ky mkn cabe rawit sekilo

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha bener sis, baunya itu lho gak ilang2..

      Delete
  8. Nih aq jg pake cap burung kka tua,,pdesny ky mkn cabe rawit sekilo

    ReplyDelete
    Replies
    1. hhaaha iya sis, lumayan pedas. baunya juga gak hilang-hilang. Tapi sebanding dengan khasiatnya

      Delete
  9. Hai gan
    Ni gigi sy jg lg bmslh, kt dokter syarafnya udh kena, perawatan syaraf ni tp ttp aja nyeri dan demam, rahang jg sakit

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba pakai obat pereda nyeri gan. Terus periksa juga gusi bengkak atau tidak. Biasanya kalau sudah parah gusi bengkak dan bernanah yg menyebabkan ngilu dan rahang jg sakit. Kalau saya pernah seperti itu dan gusi saaya tusuk pakai jarum. Klo nanah sdh keluar tar sakit jg reda.

      Delete
  10. Dari kecil saya pake obat entuh gan
    mmg ampuh cepat reda sakitnya...tp yah itu klo dipake dlm jangka wktu lama gigi yg berlubang jadi hancur..& skrg yg tersisa hanya tunggul gigi N kenangan sakit giginya aja gan...xixixxi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha ada2 saja gan. Memang benar jika di gunakan jangga waktu lama akan merontokkan gigi. Perlahan gigi mulai keropos dengan sendirinya.

      Delete
  11. emang mantab kakak tua cap...awal pertama jos gondos....beberapa bulan +dari 9bulan gk kumat...
    begitu kumat make kakak tua lgi...
    kok gk tokcer wktu prtama pake..ap mungkin udah kebal am obat y...ap udah terllu parah sakit giginya..mungkin nasib buruk sedang menimpa saya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang namanya kuman ada tingkat kekebalan om, semakin sering pakai semakin terbiasa beradaptasi. Coba di tambah waktu sikat gigi menggunakan pasta yg gigi sensitive.

      Delete
    2. Pertama kali ni saya mengetes minyak kakak tua ni.. Hasil nya saya bisa tidur pulas.. Pdhl sblm mencoba cap kk tua ni.. Hapa hapa sya coba.. Mulai dari kumur air garam, siram air batre di gigi berlubang, minum segala jenis obat obatan.. Ya hasil nya meredakan sesaat.. Tp gtu sya pakai ini , tiddur pun lelap...

      Delete
  12. Anonymous10/23/2017

    Yg namanya sakit sih sakit apa aj adi penderitaan. Tapi sakit gigi adalah derita diatas derita, emosi tinggi, sampai-sampai lagu dangdut Bang Haji juga jd ga enak didengar.
    Ampun deh pokoknya sakit gigi ini. Minyak kaka tua solusi yg lumayan oke sih menurut saya kalau dibanding minum obat pereda nyeri. Obat pereda nyeri jika keseringan diminum efek sampingnya bahaya juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya om, apalagi kalau ada yg berisik, pingin rasanya melempar sandal. Dah gitu se sakit-sakitnya gigi gak ada yg jenguk.kwkw

      Delete
  13. Obat itu Ada di semua apotek gan?
    Sakit banget nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada sis, semua apotik di daerah saya sedia obat itu. Daerah saya kota kecil.

      Delete
  14. Replies
    1. iya gan, siapa tau jadi sembuh. Klo saya selalu sedia. Kebetulan cocok buat saya.

      Delete
  15. Ane belom ccoa tuh gan , tapi pengalaman ortu ane emang mantap gan .
    ane pernah cek ke dokter gigi , ane antrian no 2 .
    begitu orang no 1 , masuk belum ada 2 menit , dokter teriak2 , "pak tolong pak , tolong pak" kata si dokter perempuan tersebut .
    saya masuk ternyata itu pasien no 1 , antara hidup dan mari gan , muka pucet , seluruh tubuh dingin , gak bisa bergerak, mata sih melek , diajak ngomong juga gak bisa ,
    Si dokter bilang sama saya , "ini pasien blom diapa-apakan kok sama saya" katanya .
    saya lihat di meja dokter ada jarum suntik yg penuh obat belum digunakan .
    saya tanya , "ibu dokter sedah menyuntik nya " ?
    "Belum " jawab nya .
    oh berarti dia itu takut di suntik bu , kata saya .
    akhir nya si pasien yg semaput tersebut langsung saya goting sama satpam ke luar ruangan .
    ditenangkan di ruang tunggu , setelah itu sekalian ane LLANGSUNG KABUUUURRRR ........
    Karena ane juga takut Gan lihat JARUM SUNTIK , apalagi sampai DISUNTIK .
    Mendingan ane yg NYUNTIK daripada ane yang di SUNTIK .
    Hahahayyyy ..........

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahah ada2 saja gan.. Cerita yg menghibur banget. Pengalaman saya si memang sakit luar biasa saat di suntik Gusinya, suntik ditangan mah cuma pegal saja.

      Delete
  16. Pasta gigi nasa juga ampuh... Ambil sedikit trus masukin ke gigi berlobang pake cotton bud. Biasanya 5 menit udah ilang tu sakit giginya tapi klo kunat lagi ya terus aja diisi sampai sembuh...

    Ini saya lagi sakit gigi mau cobain yg kakak tua apa bisa sembuh permanen atau engga soalnya pakai pasta nasa kadang dia kumat lagi tapi kadang bisa sebulan atau lebih ngga pernah kumat.

    Mujarab ni pasta gigi. Kayaknya ga bikin gigi rontok sih kan pasta gigi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih gan atas masukannya, mohon ijin untuk menambahkan ke dalam postingan. Kalau saya pribadi bisa bertahan 1 bulan gak sakit. Bahkan lebih. Kadang sampai 6 bulan gak pernah sakit gigi.

      Delete
  17. Replies
    1. Makasih gan, semoga bermanfaat.

      Delete
  18. Kudu cpt2 beli nih..
    Aku prnh nyobain garam sm merica dbkin pasta dtempel ke yg bolong.. Kataa mamahku, merica bubuk sbungkus ilang lu makan yak??? Hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha Silahkan sis, siapa tau cocok dan gigi cepat sembuh. banyak sekali cara yang terkadang tidak masuk akal demi menyembuhkan gigi. Rasanya sampai ubun2 dan sampai jantung sakitnya.

      Delete
  19. Ini lagi sakitt gasembuh pake cap kakak tua , bantuuu lah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak semua pakai kakak tua bisa sembuh gan. Menurut ane si bisa faktor cocok dan tidaknya. Jika sakit menerus lebih baik ke dokter gigi saja gan. Jangan lupa pasta gigi pakai yg khusus gigi sensitif ya..

      Delete
  20. rasanya gimana waktu pakai obat tetes cap kakak tua . sakit / gimana ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak sakit om, cuma agak pedas sama getir dan juga baunya yang lumayan mencolok.

      Delete
  21. Aku lagi pake kakak tua kak tapi setelah baca blog ini jadi takut kalo gigi rontok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sis, kalau pemakaian jangka panjang gigi mudah rontok. Tapi ketika di apake hanya sekali dua kali saat darurat saya kira tidak masalah

      Delete
  22. Cuman 2x pake kakatua langsung sembuh total gak pake sakit2 gigi lagi. Ada kali skitar 10 taun ke blakang. The best emang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan, ytetapi yang namanya kuman semakin sering pakai semakin kebal. kalau saya pakai obat pereda nyeri jika sakit standar. jika sakit yang terlau wowo baru pakai kakak tua

      Delete
  23. Tapi sampe sekarang ga rontok rontok ni gigi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin karang gigi agan masih bagus. dan berlubangnya juga masih sedikit atau kondisi gigi masih tebal

      Delete
  24. Harus brp menit gan nempelin kapasnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau saya sampai nyeri di gigi berkurang gan

      Delete
  25. Klau gusih bengkak bisa juga pakai cap kakak tua nya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung penyebab bengkang, biasanya gusi bengkak diakibatkan gigi berlubang. Jika itu penyebabnya maka gigi dikasih obat cap tua. terkadang gusi bengkak terdapat benjolan, nah di benjolan tersebut di tempel obat kakak tua

      Delete
  26. Terima Kasih min info nya.
    Saya kebetulan juga sakit gigi tak tertahankan akibat gigi berlubang, saya coba obat cap kakak tua manjur juga,

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama gan.. Ikut senang gigi agan sudah sembuh.

      Delete
  27. Beneran bisa rontok pake cap kaka tua ka? Pengen beli cuma takut abis beneran gigiku.

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu jika pemakaian terlalu sering dan jangka waktu yang lama sis.

      Delete
  28. Saya juga lagi pake nih,sdh bbrapa hari pake tapi penasaran apa bisa ngerontokin gigi berlubang saya. Lubangnya gede lagi,giginya tinggal dikit soalnya,pengennya cepet2 rontok pake obat ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau mau cepat rontok mending pakai ragi yg biasanya untuk tapai singkong

      Delete
  29. Saya juga lagi sakit gigi nih..😢..sakitnya sampai ke ubun2 untung ada persediaan kakatua drumh jdi agak tenang..krna saya juga cocok pake kakatua sekali pake lgs ilang sakitnya😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha syukurlah, berarti memang banyak yang cocok pakai obat tersebut

      Delete
  30. di gusi kerasa nyeriii sama gigi tuh aga kerasa kaya yang gatal gatal.. apa bisa pake obat cap Kaka tua

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa juga gan, coba di olesi yang gatal2..

      Delete
  31. di gusi kerasa nyeriii sama gigi tuh aga kerasa kaya yang gatal gatal.. apa bisa pake obat cap Kaka tua

    ReplyDelete
  32. Sya udh coba cap kaka tua om tpi ko ga mempan y,, seals obat udh saya beli,,smpe saya pakein getah jarak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin gak cocok gan. Coba pakai amoxilin di kombinasikan dengan asamnefenamat.

      Delete
  33. Aku pake cap kakak tua nih suami ku juga sering banget pake ini yg bawah sebelah kanan gigi kedua nyut nyutan ada sisa makanan aja sakit nya minta ampun terus yg kiri oglek tapi gak bisa patah sendiri nih mas biasa nya kalo pake ini rontok gigi nya copot sendiri sampe kapan yah pake kakak tua

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau mau merontokkan mending pake Ragi yg biasa buat tapai singkong itu sis. Lebih cepat rontoknya. Saran saya Pasta gigi di ganti pakai yang khusus gigi sensitif

      Delete
  34. Postingan yang sangat membantu dan bermanfaat.
    Thanks infonya

    ReplyDelete
  35. Hemmm bner namanya skit gigi itu amoun2 dech tobat 7 turunan...saya juga skit gigi...krna berlubang stiap hbis mkan slalu skit kena makanan..sy pake kakak tua juga...ada bgus nya kok...tp mngkin krna uda parah sring kali gak mmpan....uda pedes..mulut jdi bau..tapi gak papa dr pada snut2 ni gigi....slain itu sy juga mnum clyndamisn 300mg..sm ponstelax 500mg bgus itu,..tapi mnding klu uda gak skit di cabutin aja..biar aman gak sring skit

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan, udah sakit sampai nangis gak ada yg nengokin. Orang tanya pas di jawab jg kebanyakan cuma bilang "oh,sakit gigi"hhh Coba pasta gigi pakai yg khusus gigi sensitif gan.

      Delete

Komentar anda sangat bermanfaat untuk kemajuan blog ini.. terimakasih.