Mengatasi Flashdisk Tidak Bisa Copy File

        Apa kabar pemirsa?hehehe Apa kabar sobat blogger? Moga selalu dalam keadaan sehat.amin Kali ini saya akan berbagi pengalaman yang pernah saya alami, sudah lama sih. Kebetulan kemarin ada teman yang tanya jadi keingat lagi dan alangkah baiknya saya tuangkan dalam bentuk tulisan..hahaha. Kejadiannya dia habis membeli flasdisk dengan kapasitas 16GB dan baru terpakai sedikit. 



Saat dia mau copy file yang lumayan besar sekitar 4GB ternyata tidak bisa dengan peringatan intinya file terlalu besar "the file -xxxx- is too large for the destinationfile system" berikut gambarnya:


Tenang, itu bukan karena flasdisk rusak atau atau error, jangan buru-buru komplain ke penjual flasdisknya tar kalian malu sendiri. Mungkin saat kalian mencari cara di google banya yang menyarankan denga cara masuk cmd lalu drive dan mengetik attrib -r -s -h /s /d, tetapi cara tersebut di pakai untuk melihat file yang tersembunyi.
Oke langsung saja saya kasih tau caranya dengan detail.
Coba klik kanan pada flasdisk kalian, dan lihat jenis sistem yang kalian pakai FAT32 atau NTFS. Saya sakin pasti FAT32 seperti gambar di yang saya lingkari.

Nah disinilah masalahnya, FAT32 hanya bisa transfer file kalau tidak salah maksimal 4GB jika lebih dari itu maka file tidak bisa di copy dan akan muncul peringatan seperti gambar paling atas.
Solusinya adalah mengganti system dari FAT32 ke NTFS, bagaimana caranya? Dengan cara di format:
1. sebelum di format Backup dahulu/ pindahkan semua file yang ada di flasdisk.
2. klik kanan pada flasdisk lalu pilih "format"
3. Setelah itu maka akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini.
4. Pada pilihan file system dari FAT32 (default) ganti menjadi NTFS seperti gambar berikut:
5. Setelah itu klik Star, jika mucul peringatan seperti di bawah ini klik "ok" lalu tunggu hingga proses format selesai.
6. proses format selesai, klik ok saja lalu close dan silahkan coba copy file yang ukurannya besar.

Ini hasilnya gan, copy berjalan lancar..

Itu tadi cara mengatasi / solusi permasalahan  "the file is too large for the destination file system". Lebih cocoknya si judul artikel "mengatasi flasdisk yang tidak bisa mengcopy file dengan size/ukuran besar, tapi kepanjangan.hohoho
Curhat: Mohon maaf jika tulisan berantakan, saya harus format flashdisk ke fat32 lalu format lagi ke ntfs biar bisa ambil Screen Shoot (SS) sambil buat tutorial,mohon di maklumi ya.kwkwkw
Semoga bermanfaat dan terimakasih.

0 komentar:

Post a Comment

Komentar anda sangat bermanfaat untuk kemajuan blog ini.. terimakasih.